thumbnail

Contoh Kejujuran yang diamalkan Rosululloh SAW


 

Contoh Kejujuran yang diamalkan Rosululloh SAW


    Dalam hadist diceritakan Rosululloh SAW menegur pedagang yang berbuat curang keketika melakukan transaksi jual beli :

"عن ابي هرىره  ان رسل الله صللى الله عليه وسلم  مر على صبر طعام فأدخليده فيها فنالت اصابعه بللا فقل ما هذا يا صاحبا الطعام قل اصابته السماء  يا رسل الله قل افلا جعلته فوق الطعام كي يراه  الناس من غش فليس منّني". روه مسلم

Dari Abi Hurairah RA, sesungguhnya Rosululloh SAW melewati pedagang dengan setumpuk makanan, lalu beliau memasukkan tangganya ke dalam tumpukan makanan tersebut, lalu beliau mendapati jari-jari beliau basah, maka beliau bertanya : “ap aini wahai pemilik makanan?” sang penjual makanan menjawab :”makanan tersebut terkena air hujan wahai utusan alloh”. Beliau SAW bersabda : “mengapa kamu tidak meletakkannya di bagian atas makanan agar manusia dapat melihatnya? Barang siapa yang menipu maka dia bukan termasuk golonganku” Hadist Riwayat Muslim.

Hadist diatas merupakan sebuah penekanan kepada seorang pedagang agar bisa berlaku jujur Ketika berjualan. Meskipun terkena masalah atau musibah, supaya tetap bersifat jujur.

Dari hadist diatas kita bisa belajar bahwa, meskipun pada keadaan yang sulit supaya tetap menetapi kejujuran bagaimanapun keadannya, dimanapun berada, dan kapanpun waktunya agar bisa bersifat jujur.

Hal ini bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari hari kita sebagai ummatnya, karena pada dasarnya hidup kita berpacu pada pedoman Al-Qur’an dan Hadist. Maka, sudah sepatutnya kita mencotoh baginda Nabi Muhammad Saw dalam berperilaku di kehidupan sehari hari.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan barokah, alhamdulillah jazakumullohukhoiro, Terimakasih.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Bukan Berita

Bukan Berita
Nambah Ilmu,Etika,dan Barokah

Contact Form

Name

Email *

Message *