thumbnail

TATA KRAMA KETIKA BERBICARA DENGAN ORANG TUA ATAU ORANG YANG LEBIH TUA

 TATA KRAMA KETIKA BERBICARA DENGAN ORANG TUA ATAU ORANG YANG LEBIH TUA

            Terkadang, Ketika berbicara dengan teman kita terbiasa menggunakan Bahasa dan kata kata yang kasar tanpa adanya pengontrolan diri dalam bertutur kata. Hal tersebut tidaklah masalah dan dianggap hal yang wajar saja ketika kita berbicara dengan teman kita. Tetapi, kita harus bisa mengetahui bagaimana cara kita ketika berbicara dengan orang tua ataupun dengan orang yang lebih tua daripada kita. Gimana sih adab atau tutur kata yang baik dengan orang tua?simak berikut ini ya…

Seorang Antropolog dan penulis yang bernama Margaret Visser menjelaskan bahwa tata krama adalah aturan aturan sosial yang mengatur semua bentuk komunikasi manusia dan menghubungkannya dengan pembentukan dan pengaturan citra diri manusia.

Tata krama juga dikenal sebagai etika atau perilaku yang sesuai yang merujuk pada aturan dan norma norma yang mengatur dalam interaksi sosial dan komunikasi antara individu pada Masyarakat. Hal ini meliputi cara berbicara, berperilaku, dan bertindak dalam berbagai situasi, baik formal ataupun non formal. Dengan adanya tata krama memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan yang harmonis, menghormati hal dan martabat setiap individu, serta memfasilitasi komunikasi yang efektif dan hubungan yang positif.

Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi beberapa prinsip tata krama berbicara dengan orang tua atau dengan orang yang lebih tua.

1.     Hormati dan sapa, sesuai dengan Nama yang tepat : Saat berbicara dengan orang tua atau dengan orang yang lebih tua, diusahakan memanggil yang sesuai seperti “Pak, Bu, Kak, Bang, Mas, Mba”. Penggunaan panggilan ini menunjukkan rasa hormat kita terhadap mereka yang lebih tua daripada kita.

2.     Menggunakan Bahasa yang baik dan sopan : Saat berbicara dengan orang tua, hindari penggunaan kata kata atau ungkapan yang terlalu santai dan tidak menggunakan Bahasa yang kasar atau kata kata yang tidak pantas. Gunakan Bahasa yang sopan sebagai tanda tunduk kita terhadap mereka.

3.     Nada bicara tidak lebih tinggi dari orang tua : Pada saat kita berbicara dengan orang tua diusahakan nada bicara kita tidak lebih tinggi daripada orang tua serta tidak membentak, tidak mengucap “Ah”, tidak memaki dan tidak memotong pembicaraan orang tua.

4.     Menyimak dengan penuh perhatian : Ketika orang tua sedang berbicara maka tata krama yang baik adalah kita menyimak ucapan yang disampaikan penuh dengan perhatian. Mengapa demikian?karena pengetahuan dan pengalaman hidup mereka lebih jauh diatas kita. Jadi, ketika mereka berbicara pasti berdasarkan pengalaman hidup mereka yang dibagikan agar kita mendapatkan manfaatnya.

5.     Meminta dengan baik : Jika kita meminta sesetu kepada orang tua, maka lakukanlah dengan baik. Gunakan kata kata seperti “Mohon izin”, “Boleh saya minta” dan lain sebagainya.

6.     Jika salah, Minta maaf : jika tanpa sengaja melakukan kesalahan dalam berbicara dengan orang tua, maka jangan ragu untuk meminta maaf dengan mengakui kesalahan yang kita lakukan. Hal tersebut sebagai tanda kita bahwa kita menghormati mereka selaku orang yang lebih tua.

Dalam keseluruhan, Tata krama dalam berbicara dengan orang tua atau orang lebih tua mengandung prinsip prinsip dasar penghormatan, kesantunan, dan penghargaan terhadap posisi pengetahuan dan pengalaman hidup yang mereka lalui. Dengan berbicara secara bijaksana dan hormat, kita dapat membangun hubungan yang kuat dan penuh kasih sayang dengan generasi sebelum kita.

Sebagai kaula muda, Perlu diingat bahwa kita harus bisa hormat kepada yang berhak dihormati dan bisa ta’dzim kepada yang berhak di ta’dzimi. Jangan sampai kita menjadi generasi penerus yang minim akhlaq atau hidup secara bebas yang tidak mengenal aturan.

Jangan lupa dipraktekkan sob, Young, Smart, Cool with Attitude.


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Bukan Berita

Bukan Berita
Nambah Ilmu,Etika,dan Barokah

Contact Form

Name

Email *

Message *