thumbnail

Definisi Public Relations

Pict By:
 https://humasindonesia.id/


Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat adalah suatu fungsi atau disiplin yang berkaitan dengan manajemen komunikasi antara suatu organisasi atau individu dengan publiknya. Tujuan utama PR adalah membangun dan memelihara hubungan yang positif antara organisasi atau individu dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) seperti media, karyawan, pelanggan, masyarakat umum, pemerintah, dan lain-lain.

Definisi menurut PRSA (Public Relations Society of America):

  1. "Public Relations adalah praktik yang dijalankan secara strategis untuk mempengaruhi opini, sikap, dan perilaku publik melalui komunikasi yang terencana, serta membangun dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya."

  2. Definisi menurut Cutlip, Center, dan Broom: "Public Relations adalah fungsi manajemen yang menyelaraskan usaha-usaha individu dan organisasi untuk mendapatkan pemahaman yang saling menguntungkan dan pengertian bersama dengan publiknya."

PR berfokus pada menciptakan pemahaman, kepercayaan, dan citra positif tentang organisasi atau individu tersebut melalui berbagai strategi dan kegiatan komunikasi. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan dalam PR meliputi:

  1. Penyusunan Pesan: Membuat pesan-pesan yang relevan dan efektif untuk disampaikan kepada publik. Pesan-pesan ini harus jelas, konsisten, dan sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai organisasi atau individu.

  2. Media Relations: Membangun hubungan baik dengan media, menjalin kontak dengan wartawan, dan mengirimkan rilis pers atau informasi penting kepada media. Tujuan dari hubungan dengan media adalah mendapatkan liputan positif tentang organisasi atau individu.

  3. Komunikasi Krisis: Merencanakan dan mengelola komunikasi saat terjadi krisis atau situasi yang berpotensi merugikan citra organisasi atau individu. Tujuan dari komunikasi krisis adalah mengendalikan kerusakan reputasi dan memberikan informasi yang akurat kepada publik.

  4. Acara dan Sponsorship: Mengorganisir acara, konferensi pers, atau kegiatan publik lainnya untuk meningkatkan visibilitas dan citra organisasi atau individu. Selain itu, melibatkan sponsorship atau dukungan terhadap kegiatan sosial, olahraga, atau budaya juga dapat menjadi strategi PR.

  5. Media Sosial: Mengelola kehadiran dan interaksi di platform media sosial untuk membangun keterlibatan dengan publik. Media sosial dapat digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan, membagikan informasi, dan mempromosikan citra positif.

  6. Analisis dan Pemantauan: Melakukan analisis dan pemantauan terhadap media, opini publik, dan tren terkait organisasi atau individu. Hal ini membantu dalam mengukur efektivitas kampanye PR dan mendapatkan wawasan tentang persepsi publik.

Dengan mengelola hubungan yang baik dengan publiknya, PR berperan penting dalam membangun reputasi yang baik, meningkatkan kesadaran merek, mendukung upaya pemasaran, menghadapi krisis, dan menjaga hubungan yang harmonis antara organisasi atau individu dengan berbagai pihak yang terlibat.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Bukan Berita

Bukan Berita
Nambah Ilmu,Etika,dan Barokah

Contact Form

Name

Email *

Message *